Warnoto Fisika

Lulusan UNY tahun 2000 dari Pendidikan Fisika FMIPA, mengajar di SMA N 1 Subah Kab. Batang Jawa Tengah. Minat pada bidang Teknologi, Arsitektur dan Keagamaan...

Selengkapnya
Cara Tepat Menyeduh Kopi

Cara Tepat Menyeduh Kopi

Seperti kurang kerjaan saja, menyeduh kopi dijadikan tulisan. Bukankah dari dulu kita biasa melihat simbah menyeduh kopi? Ternyata menyeduh kopi tidak boleh sembarangan. Terutama bagi yang ingin menikmati kopi tanpa rasa neg di lambung. Juga bagi yang ingin merasakan kopi sesuai karakter rasa asli kopi. Tentu maksudnya untuk kopi asli ya, bukan kopi instan . Lalu bagaimana caranya? Cara menyeduh kopi bisa beragam, bergantung peralatan yang digunakan. Namun prinsipnya sama saja. Berikut akan dipaparkan cara menyeduh kopi dengan peralatan standar dapur. Bukan standar cafe.

Pertama, perlu menyiapkan teko yang bersih. Lebih baik yang desain mulutnya leher angsa. Hal ini untuk mempermudah penyeduhan.

Kedua, gunakan air bersih yang betul betul berasa air, tanpa tercemar rasa logam atau rasa aneh lainnya. Lebih pasti bisa menggunakan air mineral.

Ketiga, didihkan air pada teko atau ketel tadi. Suhu optimal untuk penyeduhan adalah kisaran 91 derajat celcius. Suhu ini diperoleh dengan membiarkan sesaat setelah kompor dimatikan. Tentu saja mematikan kompornya setelah air mendidih ya.

Keempat, siapkan teko bersih lainnya untuk tempat menyeduh kopi. Kopi bubuk dicurahkan ke teko ini sesuai takaran. Bahan tambahan lain seperti susu atau gula jangan dicampur di teko ini. Bahan bahan itu nanti bisa ditambahkan di gelas saji. Hal ini bertujuan agar air secara optimal dapat mengekstraksi kandungan kopi tanpa terserap ke bahan lainnya. Adapun cara menyeduhnya adalah dengan mengucurkan air melalui mulut teko perlahan sampai seluruh permukaan atas bubuk kopi basah dan cukup sampai seluruh bubuk terendam. Diamkan seduhan pertama ini sekitar setengah menit dalam kondisi teko terbuka. Ini bertujuan agar gas karbon dioksida yang terjebak dalam kopi bisa menguap setelah terekstraksi. Keluarnya gas carbon dapat menghilangkan efek neg setelah minum kopi. Selanjutnya seduh lagi dengan kucuran air memutar seperti pola obat nyamuk bakar. Hal ini berfungsi seperti mengaduk. Jadi nantinya tidak perlu lagi seduhan kopi diaduk dengan sendok. Dalam proses ini kopi yang baik akan mengeluarkan buih-buih. Diamkan seduhan kedua ini dalam kondisi tertutup sampai empat menit. Empat menit adalah waktu ideal untuk mengekstraksi zat-zat penting kopi tanpa kelebihan ekstraksi kafein. Kelebihan kafein dapat mendominasi rasa kopi menjadi pahit, sementara rasa otentik sesuai karakter kopi menjadi hilang.

Kelima, tuangkan seduhan kopi ke gelas saji yang sebelumnya boleh diberi bahan tambahan seperti susu, krimer, madu atau gula, atau campuran bahan bahan tersebut. Bahan tambahan juga bisa diberikan setelah kopi dituang ke gelas. Konon ada perbedaan rasa jika cara menambahkannya berbeda.

Keenam, selamat menikmati kopinya. (*)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan
search

New Post