Warnoto Fisika

Lulusan UNY tahun 2000 dari Pendidikan Fisika FMIPA, mengajar di SMA N 1 Subah Kab. Batang Jawa Tengah. Minat pada bidang Teknologi, Arsitektur dan Keagamaan...

Selengkapnya
Navigasi Web
Agar Tongkol tak Buat Dongkol

Agar Tongkol tak Buat Dongkol

Tinggal di sekitar pesisir menjadikan kita akrab dengan dunia laut. Berbagai hasil laut mudah kita dapatkan meskipun dengan merogoh kantong. Beruntung bagi yang memilii kerabat dan tetangga seorang nelayan atau buruh kapal. Seperti saya, kadang kebagian oleh-oleh hasil tangkapan. Ikan segar atau ikan asin bisa didapat dengan gratis. Salah satu jenis ikan yang biasa untuk cangkingan para pelaut ini adalah ikan tongkol. Mendapatkan ikan ini menimbulkan rasa gundah gulana. Bahkan, istri tidak bersemangat untuk mengolahnya. Pasalnya, kerap terjadi setelah diolah ikan tidak enak untuk disantap. Ada sensasi getir, aor, seperti menegak solar. Jelas ini bikin dongkol.

Usut punya usut ternyata biang keroknya adalah aktivitas bakteri yang menguarai daging tongkol. Bakteri Morganella morganii yang bersemayam di bagian insang dan pencernaan ikan mengeluarkan enzim dekarboksilase histidin untuk merubah histidin menjadi histamin. Histidin merupakan asam amino alami yang ditemukan dalam jaringan otot ikan yang hidup di perairan tropis dan subtropis . Histamin (amina biogenik) adalah zat kimia yang bersifat racun. Jadi, menkonsumsinya bisa menyebabkan keracunan. Tingkat keparahan keracunan bergantung kadar histamin yang terserap tubuh. keracunan yang paling ringan adalah sensasi terbakar pada lidah.

Untuk menjaga rasa khas tongkol langkah penanganannya sebenarnya cukup mudah. Setelah ikan kita dapatkan secepat mungkin kita bertindak yaitu membuang bagian kepala dan saluran pencernaan. Pada bagian inilah logam berat terserap serta bakteri bersemayam. Langkah selanjutnya adalah merebusnya dengan sedikit garam. Jangan terlalu lama merebusnya agar daging tidak hancur. Toh nantinya daging akan dimasak lagi sesuai selera.

Dengan pengolahan yang baik kita bisa mengambil manfaat dari ikan tongkol. Beberapa manfaat ikan tongkol diantaranya :

Pertama, memelihara kesehatan mata berkat kandungan vitamin A yang cukup tinggi. Manfaat kedua adalah menjaga berat badan yang ideal. Kandungan protein yang tinggi dapat menekan hormon ghrelin, hormon pemicu rasa lapar. Manfaat ketiga yaitu dapat menurunkan tekanan darah. Hal ini terkait kandungan mineral kalium yang tinggi dalam ikan. Manfaat keempat, ikan tongkol dapat menurunkan tingkat stress. Hal itu karena ikan ini mengandung omega 3 yang mencukupi. Disamping itu omega 3 juga berperan dalam meningkatkan kecerdasan otak. Inilah manfaat kelima. Manfaat keenam masih terkait omega 3 yaitu menjaga kesehatan jantung. Sementara manfaat ketujuh adalah dapat mencegah anemia. Hal ini terkalit kandungan zat besi pada ikan tongkol. Demikian tujuh manfaat ikan tongkol. Semoga dengan konsumsi ikan yang cukup kesehatan kita tetap terjaga. (*)

Source:

https://manfaat.co.id/manfaat-ikan-tongkol

http://www.tribunnews.com/lifestyle/2018/09/14/enak-tapi-tersiksa-rasa-gatal-setelah-mengonsumsi-ikan-tongkol-tenang-ini-triknya?page=2

https://www.kompasiana.com/lhapiye/5759186a4df9fd7610b3753f/ikan-sebagai-pangan-6-cegah-keracunan-histamin?page=all

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terima kasih, Pak. Sebaiknya jangan makan kepala tongkol. Begitu ya, Pak? O ya, sedikit koreksi. Penulisan kata "kedua", "ketiga" dan seterusnya seharusnya serangkai. Tidak dipisah. Karena "ke" tersebut bukan merupakan kata depan melainkan merupakan awalan pembentuk kata bilangan bertingkat.

27 Feb
Balas

Nggih Pak tadi saya ragu. Terima kasih.

27 Feb

Informatif...terima kasih Pak Arnot

27 Feb
Balas

Sama sama Bu Dyahni. Barakallah

27 Feb

Waah..makasih Pak...sangat bermanfaat nih buat para emak. Semangat pagi, sehat dan sukses..barakallah

27 Feb
Balas

Oke, semangat Bu. Terima kasih, Sehat dan Sukses selalu.

27 Feb

Uthi Raihana Rasyid bisa bikin tongkol gak bikin dongkol, hehehe...boleh dong sedikit nyombong. Ada menu dari ujung barat negeri tercinta, NAD. Tongkol dimasak gulai aceh,...hmmm...maknyusss. Mungkin, karena sarat dengan bumbu dan rempah, hingga rasa dongkol bisa jadi nikmat. Jazakallah khoir untuk informasinya, Pak Guru. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

27 Feb
Balas

Wah.. Boleh juga itu Bunda. Pasti Mak nyusul. Terima kasih atas kunjungan Bunda dengan oleh oleh gulai tongkol. Selalu sehat dan bahagia, Barakallah.

27 Feb

Wah..pagi2 sarapan tongkol..Mak nyuus dengan sajian ulasan manfaatnya. Sangat berguna bagi emak2 ...Sehat selalu dan bahagia...Barakallah...

27 Feb
Balas

Kadang bisa untuk lauk getuk Bu. Sensasinya luar biasa. Semoga sehat semuanya. Barakallah

27 Feb



search

New Post