Warnoto Fisika

Lulusan UNY tahun 2000 dari Pendidikan Fisika FMIPA, mengajar di SMA N 1 Subah Kab. Batang Jawa Tengah. Minat pada bidang Teknologi, Arsitektur dan Keagamaan...

Selengkapnya
Navigasi Web
Tiga Pantangan Menulis Angka

Tiga Pantangan Menulis Angka

Oh Anda keliru kalo ini urusan togel. Walaupun, togel adalah perbuatan buruk yang harus dipantang. Memang, angka menyelimuti seluruh hidup kita. Mau makan melihat angka. Mau tidur melihat angka. Demikian juga saat bangun tidur. Mengabarkan dan menyatakan sesuatu juga menggunakan angka. Namun, bagi seorang penulis menulis angka tidak asal tulis. Ada kaidah yang harus diperhatikan. Maka, inilah pantangan dalam menulis angka yang harus diperhatikan berdasarkan PUEBI, Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia.

Pertama, pantang menulis angka di awal kalimat.

Contoh yang salah: “5 siswa SMA N 1 Subah menyabet medali dalam ajang OSN tahun ini.”

Seharusnya: “Lima siswa SMA N 1 Subah menyabet medali dalam ajang OSN tahun ini.”

Kedua, pantang menulis angka yang dapat dilafalkan dalam dua kata, kecuali untuk menunjukkan urutan data.

Contoh yang salah: “ Proses pengaspalan jalan tembus baru mencapai 60 meter.”

Seharusnya : “Proses pengaspalan jalan tembus baru mencapai enam puluh meter.”

Ketiga, pantang menulis angka dari suatu nama/rujkan tempat.

Contoh yang salah:” Kegiatan SAGUSABU di 50 kota telah usai.”, atau “Sungguh eksotis pemandangan di Raja 4”

Seharusnya: “Kegiatan SAGUSABU di Limapuluhkota telah usai.”,dan “Sungguh eksotis pemandangan di Rajaampat”

Demikian tiga pantangan yang harus dijaga agar bisa menjadi penulis yang baik dan berada di jalan yang benar. (*)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Jazakallah khoir...,Pak Guru. Saya segera edit tulisan saya. Barakallah.

28 Feb
Balas

Sama-sama Bunda, Sehat dan Bahagia selalu

28 Feb

Jazakallah khoir...,Pak Guru. Saya segera edit tulisan saya. Barakallah.

28 Feb
Balas

Sekali lagi, jazakallah khoir ilmunya, Pak Guru.

28 Feb

Terima kasih pak ilmunya...

01 Mar
Balas

sama-sama Bu Nelli

03 Mar

Barakallah Pak arif

28 Feb
Balas

Barakallah Pak arif

28 Feb
Balas

Terima kasih informasinya semoga barakah ilmunya.

28 Feb
Balas

Amin sama sama pak Mardiyanto.

28 Feb

50 Kota itu nama kabupaten pak. Biasa memang seperti itu penulisannya. Ada lagi kecamatan 6 X 11 Lingkuang di Sumbar. Lebih unik lagi kan. Tapi entah lah yaa Pak. Terima kasih atas pencerahan nya Barakallah

28 Feb
Balas

Sebegitu uniknya ya Bu. Tapi apakah di KTP ditulis Kec. 5x11 Lingkuang?

28 Feb

Iyess Bapak, ditulis 6x11 Lingkuang di KTP

28 Feb

ide menarik

28 Feb
Balas

Terima kasih Pak Roni, sukses selalu

28 Feb

Mantap ilmunya, barakallah... Salam takzim Pak Guru

28 Feb
Balas



search

New Post