Warnoto Fisika

Lulusan UNY tahun 2000 dari Pendidikan Fisika FMIPA, mengajar di SMA N 1 Subah Kab. Batang Jawa Tengah. Minat pada bidang Teknologi, Arsitektur dan Keagamaan...

Selengkapnya
Navigasi Web

Kesan Pertama yang Menggoda

Kesan pertama yang menggoda dapat menarik hasrat pembaca untuk membuka tulisan kita. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mewujudkan hal itu.

Pertama, menggunakan kekuatan judul tulisan. Hal ini telah diakui oleh beberapa gurusianer. Ada yang terheran bahagia lantaran tulisannya masuk peringkat populer gegara judulnya mengaitkan penulis populer. Ada juga yang terkaget sedih karena tulisannya sedikit dikunjungi pembaca. Hal ini karena penulisnya menggunakan kata berkesan negatif pada judul tulisan.

Saya sendiri lebih suka memilih frase dengan kata kata yang enak didengar dengan memilih diksi yang menarik. Tulisan terakhir saya menggunakan judul "Geliat, Sigap dalam Senyap" Ketimbang "Kegiatan Literasi di Sekolahku" Demikian juga saya telah menulis saran bagaimana menulis Judul Reportase yaitu tidak menggunakan nama kegiatan, tetapi memakai pernyataan pemateri, atau kejadian unik dalam kegiatan. Jika Anda berhasil membaca tulisan ini, itu sebagai bukti juga betapa kuatnya pemilihan kata yang tepat pada judul tulisan.

Kedua, memasang gambar yang unik. Gambar yang unik dan memiliki point of interest dipercaya dapat mengundang pembaca. Hanya saja perlu diperhatikan hendaknya gambar mewakili atau berhubungan dengan tema. Tidak perlu juga kita mengunggah photo diri sendiri secakep apapun kita selama tidak berhubungan dengan topik penulisan. Demikian dua hal yang dapat dilakukan untuk menarik minat pembaca. (*)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Wah terima kasih sudah mengingatkan dan memberikan tips menulisnya Pak Warnoto. Sehar, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah buat Pak Warnoto

29 Mar
Balas

Sama sama Pak. Mulya. Terima kasih atas kunjungan dan doanya.

29 Mar

Terima kasih untuk tipsnya...sudah berusaha menerapkan poin 1...barakallah

26 Mar
Balas

Alhamdulillah jika berguna, lanjutkan untuk tulisan berikutnya Bu Dyahni. Barakallah

26 Mar

Jazakallah khoir, Pak Guru untuk tipnya. Sering berusaha cari diksi yang menarik tapi sering juga gak nemu. Namun gak putus asa. Coba.., coba..., dan coba. Foto diri ? Alamaaak..., saya alergi banget. Kemungkinan besar karena saya gak cakep tuh. Salam sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah, Pak Guru.

26 Mar
Balas

Sama-sama Bunda. Coba, coba dan coba lagi, ala undian berhadiah barangkali beruntung. Barakallah.

26 Mar

Besok kalau judul saya kurang pas..mohon dikoreksi Pak Noto...Terima kasih...

27 Mar
Balas

Judul sudah benar kok cuma kurang halus saja

28 Mar

Alhamdulillah pak Guru trimakasih ilmunya. Barokallah

27 Mar
Balas

Sama-sama Bu, terima kasih sudah menengok. Barakallah

28 Mar

Terimakasih bapak..tips x bisa jadi modal penulisan...apalagi seperti saya masih mencoba menulis..

31 Mar
Balas



search

New Post