Warnoto Fisika

Lulusan UNY tahun 2000 dari Pendidikan Fisika FMIPA, mengajar di SMA N 1 Subah Kab. Batang Jawa Tengah. Minat pada bidang Teknologi, Arsitektur dan Keagamaan...

Selengkapnya
Navigasi Web
Kunci Kontak Sebabkan Jantung Berdetak
https://www.google.com/url?sa=i&rct=j&q=&esrc=s&source=images&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwiGx9SJh__gAhXz7XMBHQBTDIEQjB16BAgBEAQ&url=https%3A%2F%2Fsetia1heri.com%2F2012%2F08%2F06%2Fketika-motor-kita-mogok%2F&psig=AOvVaw1rsrZYYBZ6pRefCgcOwktT&ust=1552564209171888

Kunci Kontak Sebabkan Jantung Berdetak

Sejujurnya jantung selalu berdebar keras ketika dalam berkendara saat perjalanan tiba-tiba motor mati mendadak. Takut, kalau-kalau tertabrak kendaraan lain dari belakang. Lebih-lebih sebagian perjalanan ini melewati jalan pantura. Tahu kan bagaimana sibuknya jalan pantura? Peristiwa ini sering terjadi saat aku berangkat atau pulang dari sekolah. Bahkan, pernah terjadi saat hujan lebat di tengah jalan. Ngeri pokoknya.

Gejala motor mati mesin sering terjadi mana kala jadwal waktu service mulai menyapa. Setelah diservice gejala bisa berkurang. Namun proses service tidak mesti sekali datang. Kadang harus datang berulang untuk mendapatkan setelan karburator yang pas. Memang demikianlah menurut beberapa bengkel setelan karbu motorku agak susah dan disarankan untuk diganti. Atas dasar itulah aku membeli karburator via online dengan harapan dapat menemukan barang bermerk yang cukup bagus dengan harga miring, meski bukan barang original. Dengan harga sepertiganya kita bisa mendapatkan suku cadang dengan fungsi yang sama.dengan barang original.

Setelah barang pesanan datang langsung motor kubawa ke bengkel tetangga. Ternyata bengkel ini malah maido ( ucapan bernada menyalahkan) mengapa barang ori harus diganti barang KW ? Ejekan bengkel semakin menjadi-jadi tatkala penggantian karbu melalui proses yang lama. “Barang baru tetapi kok susah settingnya”. katanya menggerutu. Bahkan dia memintaku untuk meninggalkan motor karena dia tak mau ditunggu. Butuh waktu lama katanya. Namun atas ketelatenannya setelan karburator yang hampir sempurna pun dapat dicapai.

Satu bulan labih aku bertahan dengan setingan terakhir ini sebelum penyakit lamanya kambuh lagi. Motor mulai menunjukkan kebiasan lamanya, mati di jalan. Huff. Tidak tahan dengan siksaan psikologis di jalan akhirnya aku mencurigai bagian lain dalam pengapian, yaitu kontak starter. Sebagaimana kuingat jelas bahwa komponen ini pun belum lama diganti. Meskipun saat itu aku masuk di BERES(bengkel resmi) namun untuk motor yang merknya bukan mainstream sulit menemukan suku cadang yang ready. Mekaniknya pun mencarikan ke toko onderdil yang pastinya lebih tidak menemukan barang originalnya. Kelak di sinilah sumber masalahnya. Memang sedari awal penggantian, terasa agak aneh ketika prosesi menyalakan motor. Indikator kelistrikan tidak langsung menyala kecuali harus dipas-paskan posisi anak kuncinya.

Suatu ketika kontak starter ini pernah juga dilepas oleh mekanik lain dan menyuruhku menservice di tukang kunci. Namun ketika itu tukang kunci menjelaskan bahwa permasalahan bukan pada bagian mekanis kunci, tetapi pada bagian skakelar. Tentu saja bagian ini tidak bisa dibongkar terlalu detil yang justeru akan merusaknya. Akhirnya kontak starter ini dipasang kembali apa adanya sampai akhirnya kubongkar beberapa hari yang lalu.

Aku memberanikan diri membongkarnya untuk menghindari pengeluaran anggaran 2 ratus ribu-an. Sementara yang harus aku siapkan adalah pembelian set kunci L mini senilai 17 ribu rupiah untuk membongkar bodi motor dan baut-baut kontak starter. Setelah kunci L di tangan proses pembongkaran pun aku lakukan. Untuk kontak starter sebagaimana pesan tukang kunci hanya aku lepas bagian blok starter dari blok mekanis kunci. Kucoba pasang ulang kedua blok ini dengan berbagai formasi yang mungkin sambil mencoba menggerakkan anak kunci. Kemudian pada formasi tertentu intuisiku mengatakan: “inilah formasi yang tepat”. Benar saja setelah anak kunci kuputar ke kanan sambil melihat indikator arus, terlihat nyalanya. Untungnya saat membongkar kunci jalur kelistrikan tidak kuputus sehingga tidak terlalu repot saat ingin melihat lampu indukator. Meskipun tidak sujud syukur, yakinlah bahwa aku bahagia atas keberhasilan ini karena nantinya bisa terhindar dari rasa was-was dan lemah lunglai di jalan raya. Untuk memastikan tentu kontak starter harus dicoba. Betul. Setelah tombol starter kupijit langsung jrengggg.....motor menyala tanpa tersendat.

Dari peristiwa ini aku menyimpulkan barang suku cadang yang tidak original memiliki kelemahan dalah hal qulity control saat perakitan. Barangkali pengetesan tidak seksama. Menggunakan suku cadang non original mengandung resiko, setidaknya masalah umur pakai. Semoga kali lain saat tidak terburu-buru bisa menggunakan suku cadang original walau harus lama menunggu bersama Ridho Roma (*)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Barang KW, hmmm....pastinya ndak bisa ngimbangi yang ori, njih Pak Guru? Deg degan setengah mati ketika motor tiba-tiba mayi di tengah jalan. Saya pernah mengalami itu. Jazakillah khoir untuk ilmunya. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah, Pak Guru.

13 Mar
Balas

Betul Bunda, ori memang nomber one baik kualitas maupun harga. Semoga kita selalu dalam lindunganNya. Terima kasih kembali atas kunjungan Bunda.

13 Mar

Ori dan tidak ori sangat jauh berbeda Pak. Sukses selalu dan barakallah fiik

13 Mar
Balas

Iya Bu, semua tergantung pilihan kita.

13 Mar

ilmiah banget pak arnot, orang fisika....top markotop

13 Mar
Balas

Terima kasih, Ibu Trianah Barakallah. Biasa saja ibu.

13 Mar



search

New Post